Metode belajar bahasa Jepang pemula.

Oleh: Robert

Mempelajari suatu bahasa memang hal yang tidak mudah dilakukan, sehingga wajar anda berbangga diri jika bisa menguasai suatu bahasa asing. Meskipun sulit dan membutuhkan dedikasi tinggi untuk mencapi level tertentu, tetap terdapat beberapa cara untuk memaksimalkan proses belajar anda. Sehingga anda bisa lebih cepat menguasai bahasa tersebut. Berikut metode belajar bahasa Jepang bagi pemula.

Metode belajar bahasa Jepang pertama adalah dengan MEMBACA

Membaca merupakan langkah awal untuk mulai mepelajari suatu bahasa, terutama jika tujuan anda mempelajari bahasa baru yang memiliki sitem penggunaan huruf yang berbeda dengan bahasa yang anda pakai bisasanya. Contohnya adalah jika anda ingin mempelajari bahasa Jepang, mulailah dengan belajar huruf hiragana dan katakana terlebih dahulu. Kanji barulah anda pelajari setelah sudah bisa membaca hiragana dan katakana. Level bsic N5 bahasa Jepang setidaknya anda harus mengetahui 300 macam kanji. Cara menghafal kanji paling efektif adalah dengan visualisasi, yaitu dengan mengimajinasikan suatu gambar yang menyerupai kanji tersebut tapi, gambar itu juga berkaitan dengan kontek kata kanji tersebut.

contohnya:

visualisasi kanji eu=up (atas)

Kanji diatas merupakan kanji Ue yang artinya adalah Up (atas). Cara mudah mengingat kanji tersebut bisa dengan men-visualisasikan tandah panah keatas dengan seperti gambar.

Temukan buku yang cocok

Ada banyak sekali jenis buku belajar bahasa Jepang yang beredar di pasaran, namun yang perlu diketahui tidak semua buku cocok untuk keperluan tertentu. Misalnya, jika anda berencana belajar bahasa Jepang untuk keperluan study akan berbeda dengan keperluan untuk pekerjaan. Bahkan pekerjaan jenis tertentu akan berbeda kebutuhanya dengan pekerjaan lainya.

Buku dekiru nihongo

Selain buku tersebut cocok dengan kebutuhan dan tujuan anda dalam belajar bahasa Jepang, akan lebih baik lagi jika buku tersebut adalah buku yang juga direkomendasikan oleh lembaga pelatihan bahasa Jepang yang kredibel seperti Jellyfish education Indonesia. Contoh buku yang digunakan di Jellyfish Education Indonesia adalah Dekiro Nihongo.

Penggunaan buku Dekiru Nihongo di Jellyfish Education Indonesia berdasarkan dari rekomendasi oleh team edukasi native speaker dan local Japanese speaker yang telah terbukti di universitas-universitas di Jepang dan seolah-sekolah bahasa di Jepang.

Gaya belajar bahasa Jepang selanjutnya adalah dengan menulis

Tentunya anda harus belajar menulis juga selain membaca, hal ini akan sangat membantu menghafal huruf Jepang dan kosakata bahasa Jepang jauh lebih cepat dan biasanya ingatan tentang huruf dan kata tersebut akan lebih lama untuk diingat.

Tipsnya adalah mulailah dengan bertahap huruf per huruf. Sama seperti sewaktu kecil dulu, fokus menulis 1 huruf terus menerus dan dilanjutkan dengan huruf berikutnya hingga huruf-huruf tersebut bisa kita hafalkan. namu cara menghafal huruf dengan metode tersebut tidaklah efektif untuk ingatan jangka panjang. Usahakann untuk sering berlatih menulis kosa kata dan kalimat dalam bahasa Jepang dengan menggunakan huruf hiragana dan katakana juga beberapa huruf kanji yang anda ketahui.

Salah satu sensei bahasa Jepang berbagi pengalaman saat pertama kali mempelajari bahasa Jepang di Universitas. Sensei tersebut mengatakan bahwa metode yang digunakan di universitas nya dahulu terbilang cukup keras terutama yang berkaitan dengan menulis. Saat itu beliau disuruh menulis huruf Jepang masing-masing 10 halaman hanya dalam waktu 4 hari. Metode seperti ini memang sangat berat sekali namun bisa berhasil.

Sisipkan kedalam kehidupan sehari-hari

Saat melakukan aktivitas misalnya membersihkan kamar, perhatikanlah barang-barang di sekitar. Anda akan menemukan kasur, meja, buku, selimut dan barang-barang lainya. Carilah bahasa Jepang dari barang tersebut dan buatlah kalimat anda sendiri. Melakukan hal ini dapat melatih anda membuat kalimat dalam bahasa Jepang selain memudahkan dalam menghafal kosa kata.

Jika sudah terbiasa membuat kalimat sendiri dan suatu saat nanti anda berada disituasi harus menggunakan bahasa Jepang, tentunya anda akan lebih prepare untuk menghadapi hal tersebut.

Berlatihlah mendengarkan dan berbicara

Metode belajar bahasa Jepang Mendengar

Etika utama dalam berkumunikasi adalah mendengarkan terlebih dahulu barulah berbicara. Hal ini sebenarnya juga berlaku untuk belajar bahasa Jepang, karena poin utama dari mepelajari bahasa adalah untuk berkomunikasi. Buatlah diri anda terbiasa mendengar bagaimana bahasa Jepang diucapkan oleh penuturnya. Tipsnya dengarkanlah bahasa Jepang yang dituturkan dari logat berbeda-beda hingga telingga akan kaya akan referensi.

seperti halnya bahasa Indonesia, penutur bahasa Jepang juga memiliki logatnya masing-masing. Logat warga Tokyo akan berbeda dengan logat tradisional di Kyoto, akan sedikit sulit jika anda tidak terbiasa mendengarkan logat bahasa Jepang yang berbeda-beda.

Berikut laman yang bisa anda coba untuk berlatih mendengar.

Klik disini.

Berbicara

Setelah mendengarkan informasi, tibalah saatnya untuk berbicara berbagi pendapat atau informasi dari sudut pandang yang kita miliki. Secara umum, hal tersebut tersebutlah yang menjadi tahapan dalam berkumunikasi. Latihan berbicara dapat dilakukan dengan berbagai maam metode, salah satu metode yang bisa anda coba adalah dengan membaca buku dengan mengeluarkan bunyi. Jika sudah terbiasa cobalah bentuk kalimat anda sendiri dan berbicaralah perlahan-lahan.

Carilah Bantuan dari Ahlinya

Mempelajari sebuah bahasa memang bukan suatu hal yang mudah apalagi jika dilakukan secara otodidak. Mempelajari bahasa Jepang secara otodidak tentunya juga bisa dilakukan, akan tetapi mengikuti mencari bantuan dengan mengambil kelas bahasa Jepang tetap sangat dianjutkan.

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan jika anda juga mengambil kelas bahasa Jepang. Salah satunya yaitu anda akan mendapatkan informasi dan masukan-masukan yang sesuai dengan cara belajar anda dari para ahli. Progres perkembangan belajar anda juga akan dimonitori oleh tutor yang mengajar anda di kelas, seingga anda dapat memberikan fokus kepada materi yang dirasa kurang menguasai.

Namun mengambil kelas bahasa Jepang memang bukan investasi yang murah, tentunya anda ingin memilih lembaga paling cocok sehingga investasi yang anda keluarkan memberikan keuntungan secara maksimal.

Jellyfish Education Indonesia merupakan lembaga pelatihan bahasa Jepang yang telah membantu banyak sekali siswa yang memiliki mimpi study dan atau bekerja di Jepang. Dengan banyak pilihan program kelas sehingga siswa bisa memilih kelas yang paling cocok dengan kebutuhan siswa. Siswa tidak hanya memdapat dukungan dalam pembelajaran bahasa Jepang saja tetapi juga, dalam perencanaan study meraka di universitas yang ada di Jepang.

Kelas bahasa Jepang Jellyfish Education Indonesia

Demikianlah Metode belajar bahasa Jepang yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang kalian. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan jangan lupa, perjuangkanlah mimpimu dan kembangkanlah potensimu.

About Author


jellyfish

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *